Rencana kumpul akhir tahun bareng keluarga bakal lebih semarak dengan kegiatan BBQ di pekarangan rumah. Dari sosis, iga sapi, hingga steak ataupun jagung bakar, semuanya adalah menu-menu populer merayakan pergantian tahun. Namun bagaimana dengan ikan? Mungkin kamu bertanya-tanya mengenai jenis ataupun bumbu yang tepat. Jangan khawatir, kali ini kita akan bahas 3 cara membuat ikan bakar untuk merayakan pergantian tahun.

Simak apa saja inspirasi resepnya di sini, ya!

  • Ikan bakar dengan bumbu rujak

Masa sih bumbu rujak cocok dengan ikan bakar? Wah, itulah mengapa kamu harus mencoba resep ini. Bayangkan ulekan bumbu yang dibuat dari bawang putih dan merah, kemiri, cabai, tomat, terasi, dan jahe. Tambahkan wanginya daun salam dan masak bumbu hingga matang. Kemudian, ikan segar pilihanmu yang sudah dimarinasi dimasak bersama bumbu rujak hingga meresap.

Saat kumpul waktu bersama keluarga tiba dan panggangan sudah siap, langsung saja bakar ikan di atas arang. Cukup hingga ikan benar-benar matang dan smokey, lalu tambahkan kecap manis. Sajikan dengan nasi hangat, suasana akhir tahun semakin hangat. Coba resep ikan bakar bumbu rujak, yuk!

  • Cara membuat ikan bakar bumbu kecap dan gochujang

Untuk resep ini, saya merekomendasikan penggunaan filet ikan dori karena teksturnya yang mudah diolah dengan berbagai cara masak dan bumbu. Siapkan saus gochujang yang kini mudah didapat di supermarket, serta tambahkan cuka apel serta madu.

Padukan bumbu gochujang dengan jahe, bawang putih, gula merah, serta kecap dan kaldu ayam. Masak dan aduk hingga merata, lalu lumurkan bumbu pada ikan dan panggang hingga matang. Oleskan dengan bumbu sesekali agak tidak mengering. Tak lama, jadi sudah resep ikan bakar kecap gochujang ini. Mudah, kan?

  • Ikan gurame bakar khas restoran

Ikan gurame yang digoreng ataupun dibakar selalu saja mengingatkan pada nikmatnya masakan khas Sunda. Sebagai alternatif bumbu bakaran khas Barat seperti BBQ, kamu bisa mencoba menikmati ikan gurame bakar juga, lho, sebagai menu akhir tahun.

Pertama, siapkan bumbu olesan yang dimasak terlebih dahulu berupa ulekan bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, ketumbar, dan garam. Bakar ikan dengan olesan bumbu ini dan kucuri dengan kecap manis agar cita rasanya semakin mantap.

Dari ketiga resep tadi, mana yang bakal jadi favoritmu? Untuk mendapatkan ikan dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan aneka jenis ikan juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas,  kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar.

By Franda